Trik Jitu Supaya Tidak Sakit Maag Selama Berpuasa

  • Gangguan lambung dan pencernaan
  • May 2019
Trik Jitu Supaya Tidak Sakit Maag Selama Berpuasa

Sebagian orang merasa was-was dalam menjalani ibadah puasa karena memiliki riwayat sakit maag yang seringkali kambuh. Taukah kamu kalo sakit maag sebenernya bisa menyerang siapa saja dan bisa diobati?

Sakit maag seringkali ditimbulkan karena pola makan yang tidak teratur, kebiasaan makan makanan pedas / asam dan berlemak tinggi, merokok, konsumsi minuman beralkohol, stress/kelelahan, ataupun memang memiliki gangguan pada organ pencernaan. Nah, untuk yang sakit maag-nya seringkali kambuh, coba dicek tips dan trick di bawah ini: 

Sahur

  1. Makan makanan berkabohidrat kompleks (oatmeal, nasi merah, roti gandum), makanan yang dipanggang / direbus (tidak digoreng), dan perbanyak sayur dan buah, dan makan-makanan yang tidak bersifat asam

  2. Makan mendekati waktu imsak dan jangan langsung tidur kembali setelah makan

  3. Jangan minum minuman berkafein karena dapat memperlemah sfingter esofagus bawah sehingga mempermudah refluks asam lambung

 

Saat berbuka:

  1. Minum air putih yang banyak

  2. Berbuka dengan kurma, karena mengandung karbohidrat, serat, kalium, dan magnesium

  3. Jangan makan dengan porsi yang terlalu banyak sekaligus. Cobalah makan dengan porsi yang lebih kecil-kecil tapi bertahap.

 

Selain tips di atas, mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung curcumin bagus banget untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kamu bisa dengan mencampurkan 1 sdt Herbilogy Java Turmeric (Temulawak) atau Turmeric (Kunyit) ke dalam makanan/minuman. Extract Curcumin berfungsi sebagai antioksidan dan antiradang. Karena itu, dapat membantu meredakan gejala penyakit maag (misal perut kembung, mual, dan heartburn / acid reflux).

Product related to this journal: